Friday, August 31, 2012

Detention (2011): Masa SMA yang penuh nostalgia

"Mullet Beats Pony-tails"


Ah masa – masa SMA , masa saat semua terlihat indah. Masa saatnya timbul benih – benih percintaan, saat juga terjalinnya pertemanan yang sejati. Saat – saat dimana semua mimpi terlihat indah, dimana semua cita – cita seakan dengan mudah dapat diraih. Tetapi juga saat terjadi pembagian kasta, ada yang kaya dan yang miskin, yang gaul dan penyendiri, yang pintar dan yang bodoh, yang preman dan yang tertindas. Tetapi tetap merupakan suatu pengalaman yang indah dan sulit untuk dilupakan. Lalu akhirnya tiba saat kelulusan dan semua minpi dan cita bagaikan hilang ditelan keputus - asaan..... errr sorry – sorry sepertinya saya keluar jalur.


Anda mungkin bertanya – tanya, kenapa tiba – tiba saya menyebut – nyebut tentang masa SMA. Itu karena Detention bersetting di sebuah SMA, tepatnya di Grizzly Lake High School. Cerita dimulai saat seorang gadis bernama Taylor baru saja bangun dari tidur, dan memberitahu kita moto dia yaitu Beauty, Intellegence, Talent, Charisma dan Hoobastank (Jika disingkat menjadi BITCH). Dalam beberapa menit saja kita sudah bisa melihat betapa menyenangkannya kepribadian Taylor Fisher (baca: menyebalkan). Sementara gadis ini bersiap – siap untuk berangkat sekolah sambil memberikan kita beberapa tips untuk tidak menjadi seorang pecundang, kita dikenalkan pada antagonist kita yaitu Cinderhella, yang dengan segera membunuh Taylor.

Bukannya takut Taylor malah teriak "Pedophile!!"
Kita lompat ke Riley Jones, yang juga baru bangun dari tidur. Dibanding dengan Taylor yang gaul dan populer, Raven lebih terlihat berantakan dan depresi atau dengan kata lain pecundang.Pertama – tama dia ditinggal bus, lalu di saat berjalam ke sekolah ia dipalak oleh seorang hipster Pokoknya berantakan deh. Selanjutnya kita diperkenalkan kepada beberapa penghuni dari Grizzly Lake High. Ada si anak gaul Clapton Davis, Billy Nolan si jock dan bully, Sander teman dari Clapton Davis, Ione anak cheerleader yang cantik, Toshiba anak terpintar di sekolah, Mimi si gadis gothic (atau emo saya agak sulit membedakannya), dan kepala sekolah Verge.

Riley sedang mengalami hari yang sangat buruk, dimulai dari dipilihnya dia sebagai maskot dan juga dikalahkan di klub debat oleh siswa pertukaran dari Canada. Dia akhirnya dengan ceria memutuskan untuk menggantung diri di lorong sekolah. Walaupun Riley sedang tergantung di talim ternyata masih saja dia diabaikan oleh murid – murid yang lain, akhirnya mengurungkan niatnya untuk mati. Dalam keadaan tergantung dia tiba – tiba diserang oleh Cinderhella, setelah mencoba memberikan perlawanan akhirnya Riley terjatuh dan tampaknya akan segera dihabisi oleh Cinderhella, untungnya bell berbunyi dan dia terselamatkan.

Riley gantung diri, tetap dicuekin
Disaat ia mencoba memberitahu orang lain bahwa dia telah diserang, tidak ada yang memperdulikan Riley. Bahkan saat dia diserang kembali di rumahnya, tidak ada yang percaya. Siapakah sebenarnya Cinderhella? Kenapa ia membunuh orang – orang ? Apakah Riley akan selamat?

maskot sekolah
Detention merupakan sebuah Horror Comedy yang dipenuhi oleh hal – hal yang aneh, seperti seekor beruang alien yang diculik dari planetnya oleh alien lain, lalu badannya diubah menjadi sebuah mesin waktu. Lalu diubah menjadi pajangan di sekolah tersebut. Belum lagi ada seorang murid terlupakan yang telah dihukum selama 19 tahun tanpa ada yang menyadarinya, anehnya lagi si murid tetap muda.
Jadi teringat sama Saw
Cinderhella sebagai antagonist cukup bagus, walaupun tidak terlampau menakutkan. Walaupun film ini terkesan seperti film – film remaja pada umumnya, tetap saja banyak adegan – adegan yang penuh darah. Jadi kesimpulannya Detention merupakan film yang menarik untuk disimak, apalagi jika anda lahir di tahun 90'an karena film ini dipenuhi referensi dari tahun 90'an baik dari gaya berpakaian dan soundtrack dari film ini.


Jadi apa pendapat anda tentang film ini? Silahkan beri komentar