Saturday, April 14, 2012

Apa itu horror


Horror merupakan salah satu genre dari film, yang intinya adalah untuk menimbulkan rasa takut dari penonton. untuk menimbulkan rasa takut itu,film horor sering kali mengunakan adegan yang mengejutkan penonton dengan hal yang mengerikan atau gaib. Para penonton dipaksa untuk meyaksikan phobia, rasa takut yang paling dalam akan hal yang tidak diketahui mereka(dalem ga tuh?). Pembunuh, hantu, virus, adalah hal yang sering kali digunakan untuk menimbulkan rasa takut dalam film horror. Ada beberapa subgenre dalam film horror dan kita akan membahas beberapa yang paling sering muncul.


~Slasher

Dalam subgenre ini biasanya ada seorang/beberapa pembunuh yang mengejar dan membunuh (namanya juga pembunuh) beberapa orang satu-persatu. Biasanya sang kodok pembunuh mengunakan senjata tajam, seperti pisau atau kampak, tapi terkadang mengunakan senjata yang aneh seperti gergaji mesin.
Contoh: Friday the 13th, Child's Play. Halloween, Scream, Texas Chainsaw massacre, Rumah dara, Pintu terlarang.

~Comedy Horror

Mengabungkan antara komedi dan horror, tidak selalu bersifat slapstik tapi terkadang komedi itu bersifat gelap atau istilah kerennya Black comedy.
Contoh: Scary Movie, Shaun of the dead, Gremlins, Eight legged freak, Kuntilanak kesurupan, Kepergok pocong.

~Psychological Horror

Ini lebih mengandalkan suasana dan music yang menyeramkan, seringkali berhubungan dengan hal yang supernatural dan hantu.Kadang kala hantu/setan itu baru muncul sepenuhnya pada akhir cerita.
Contoh: Paranormal activity, The ring, Ju-on, Silent Hill, The Blair Witch Project.

~Monster

Film yang menampilkan suatu mahluk sebagai antagonis dalam film tersebut. biasanya mahluk ini dalam ukuran raksasa dan juga fiktif tapi tidak selalu, terkadang mahluk ini berupa binatang yang nyata.
Contoh: Godzilla, Jaws, Piranha, Anaconda.

~Gothic Horror

Perpaduan antar Gothik dan horror. oke kalau intinya adalah perpaduan unsur horror dan romansa.
contoh: Underworld, Woman in black, sleepy hollow.

~Zombie

Salah satu dari subgenre favorit saya, yang menampilkan zombie (pastinya).nah zombie disini bisa jadi tipe yang kembali dari kematian (undead), atau bisa karena virus atau penyakit. Terkadang pula, tidak disebutkan apa penyebabnya adanya zombie tersebut.
Contoh: Resident Evil, Zombieland, 28 days later, I am Legend, Dawn of the Dead.

Ini hanya sebagian dari subgenre yang terdapat didalam Horror, masih ada beberapa yang lain tetapi beberapa subgenre diataslah yang paling sering muncul.

Horror dan Thriller

Terkadang agak sulit membedakan genre thriller dan horror, karena tema yang diambil terkadang amat mirip. Tetapi menurut beberapa orang ada cara untuk membedakan antar horror dan thriller ini. Ok, kalau thriller lebih ke arah action dan menegangkan dan seringkali lebih terfokus pada plot cerita. Sedangkan horror lebih ke arah adegan - adegan yang ekplisit dan menimbulkan rasa takut dan seram.

Oh ya ada yang tahu nggak apa trailer itu?, trailer itu sebuah preview dari sebuah film yang akan muncul. Nah yang bikin saya bingung, banyak orang seringkali mengucapkan trailer sehingga terdengar seperti thriller. Jadi saya sering bingung saat orang bilang "hey udah lihat thriller film itu ga, kayaknya bagus". Terus saya mikir "loh kan udah lihat film thriller itu, kok masih kira - kira bagusnya?". Ternyata maksud orang itu, dia baru melihat sebuah trailer untuk film baru.

Ok cara mengucapkan trailer yang baik dan benar (sok banget gw) adalah Trei-ler, dan cara mengucapkan thriller yang baik dan benar adalah tril-ler. Mudah kan ?