Saturday, May 12, 2012

Friday the 13th (2009) : Jason datang kembali !!!

"I never liked camp." 


Siapa yang belum pernah mendengar Friday the 13th ? Selain hari tersebut dipercaya sebagai hari yang membawa sial, Friday the 13th merupakan judul dari salah satu franchise Horror yang paling sukses. Jadi saat saya mendapatkan film ini, tentu saya merasa sangat bersemangat untuk menontonnya. Terbayang adegan – adegan berdarah, cara – cara membunuh yang inovatif, aktraktif , dan fantastik dari Jason (Anda tahu kan siapa Jason?). Apakah film ini sesuai dengan harapan saya? Apakah bahkan melebihi harapan saya? Atau sebaliknya ? Mari kita simak.


Film yang saya tonton ini bukan versi original melainkan versi reboot, dan bukannya menceritakan film Friday the 13th yang pertama, tapi versi baru ini merupakan gabungan dari Friday the 13th pertama hingga keempat. Jadi banyak peristiwa yang seharusnya belum terjadi di seri yang pertama ini, sudah terjadi. Contohnya tokoh utama (maksudnya yang melakukan pembunuhan) dalam Friday the 13th yang pertama adalah ibu Jason, sedangkan di film ini kita bisa melihat Jason langsung beraksi.  Anyways kita ke cerita.

Cerita diawali dengan seorang wanita yang dikejar – dikejar oleh Nyonya Pamela Vorhess (Ibunya Jason),  yang berniat untuk membunuhnya. Sang wanita berhasil membalik keadaan dan membunuh  Pamela, dengan cara memenggal kepalanya. Lalu Jason cilik yang masih imut dan manis, muncul dan mengambil loket dan kepala bunda tercinta.

Lompat 20 tahun ke depan, lima teman sedang menuju ke hutan untuk mencari ladang ganja yang ada di daerah tersebut, agar bisa mereka jual. Mereka terdiri dari 2 pasangan dan satu kutu buku, dan tentu saja sang kutu buku tidak punya pasangan (jadi sedih). Hari sudah semakin sore dan mereka memutuskan untuk berkemah, dan ternyata mereka berkemah di dekat Camp Crystal Lake, tempat Jason berada jreng – jreng !!!.
Camping...bukan kegiatan favorit saya
Satu pasangan berpisah dari grup dan pergi untuk berjalan – jalan, mereka pun sampai ke Camp Crystal Lake. Disana mereka menemukan rumah Jason, dan memutuskan untuk masuk. Didalam rumah tersebut mereka menemukan sebuah loket yang berisi foto ibu Jason, si pria mengatakan bahwa foto tersebut mirip dengan Whitney (Amanda Righetti) si wanita jreng – jreng lagi!!!. Oh mereka juga menemukan hal – hal yang aneh seperti tempat tidur dan kepala ibu Jason

Hmmm miripkah?
Anyways Jason memutuskan melakukan apa yang dia lakukan dengan sangat baik, yaitu bernyanyi membunuh. Singkat cerita semua orang di kelompok tersebut berakhir dengan keadaan yang mengenaskan, kecuali Whitney yang keadaannya masih tanda tanya. Wow ini baru 24 menit dalam film, dan sudah 4 orang yang tewas sejauh ini (5 jika ibu jason dihitung).

Ahh Api unggun memang memberi kesan romantis
Lompat lagi ke 1 bulan ke depan, ada sekelompok remaja lagi yang menuju kabin milik Trent (Travis Van Winkle) di dekat Crystal Lake. Sementara itu juga Clay (Jared Padalecki) berada di daerah tersebut, ia sedang mencari adiknya yaitu Whitney. Apakah Clay akan dapat menemukan adiknya? Apakah Whitney baik – baik saja? Apakah para remaja akan dibunuh oleh Jason ?

Jason sedang narsis
Setiap saya menonton sebuah film Friday The 13th,ada beberapa hal yang dapat diperkirakan akan terjadi. hal – hal tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Pasti banyak yang terbunuh oleh Jason
2.      Cara membunuh terkadang inovatif dan terkadang lucu
3.      Banyak adegan topless (Hey ini ratingnya R, jadi no child allowed)

Dari 3 perkiraan tersebut 2 yang sesuai, yaitu no.1 dan no.3. Anda pasti berpikir “2 dari 3, hmmm it's not bad”. Tapi sayang sekali wahai suara khayalan, no.2 bagi saya adalah poin yang terpenting (Yup, saya abnormal). Tentu banyak yang terbunuh, tapi jika mereka dibunuh dengan cara yang (bagi saya) biasa apa gunanya. Ada beberapa korban pertama yang dibunuh dengan cara yang lumayan, tapi korban – korban berikutnya.....Biasa!!.Belum lagi saat Jason membunuh tidak ada kesan tegang atau tegang, formulanya adalah si korban bengong dan Bam Jason datang membunuh sudah begitu saja tanpa ada embel - embel.

Selain itu ada hal lain yang aneh. Keluarga Trent memiliki kabin dekat Crystal Lake, dimana para remaja berencana berlibur. Pastinya ini bukan pertama kali keluarga Trent berlibur disana. Yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa Jason tidak membunuh keluarga Trent sebelumnya? Kenapa baru sekarang Jason datang untuk “bermain” ?.

Friday the 13th mungkin bukan film yang sempurna (memangnya ada?), tapi jika anda hanya ingin menonton sebuah film Slasher tanpa banyak berpikir, atau anda hanya ingin melihat Jason membunuh beberapa orang. Ini Film untuk anda. Ngomong – ngomong tentang Jason, saya suka dengan Jason di film ini. Dia cepat, kuat, kejam, dan itu anda tidak ingin bertemu dengannya di malam yang gelap. Sekian dari saya, dan saya akan memberikan sebuah peringatan sebelumnya. Hati – hati jika anda camping!!!.