Monday, April 21, 2014

Resident Evil (2002) : Zombie akibat T-Virus

"You're All Going To Die Down Here..."


Ahh Resident Evil film yang berasal dari seri game keluaran Capcom, yang sekarang juga sudah merupakan seri beberapa film. Kali ini saya akan memberikan review tentang film Resident Evil yang pertama. Walaupun film ini sering diputar di televisi, tapi terasa kurang pas karena banyaknya sensor. Jadi apakah kesan yang saya dapat setelah melihat film ini secara penuh, dengan tanpa adanya sensor yang menggangu? Silahkan baca lebih lanjut.

Didalam sebuah lab seorang ilmuwan sedang mengambil beberapa tabung yang berisikan T-virus (tentunya), dan dia dengan sengaja melemparkan salah satu tabung tersebut sehingga pecah, dan pastinya tersebarlah virus tersebut. Sebagai bentuk penanggulangan dini AI komputer menjalankan program penanggulagan api. Ia menutup dan mengunci semua pintu, menjatuhkan lift dan menyebarkan gas halon.

Sedikit trivia tentang gas halon, gas yang terdapat didalam tabung pemadam api. Pada awalnya saya kira gas halon itu tidak berbahaya karena fungsinya adalah untuk memadamkan api dan yang pasti lebih aman untuk alat – alat elektrik, jadi saya bingung ketika semua orang di lab yang terekpos pada gas tersebut kehilangan kesadaran/mati. Ternyata jika manusia atau mamalia lain menghirup Halon secara berlebihan maka akan mempengaruhi sistem cardio dan saraf, dan bisa menyebabkan kematian. Wow, you learn something new everyday.

Baiklah kita kembali ke cerita. Alice (Milla Jovovich) terbangun di kamar mandi, di dalam shower (untungnya bukan di atas toilet.....ehem..) Dia menyadari bahwa dirinya di dalam sebuah rumah besar, dan ia tidak bisa ingat siapa dirinya alias amnesia !! jreng jreng !!. Beberapa saat setelah dia menyusuri rumah besar tersebut, tiba – tiba Matt (Eric Mabius) menarik Alice dan beberapa saat kemudian masuk sekelompok orang berpakaian militer dan menangkap keduanya.

Kelompok militer itu terdiri dari One (Colin Salmon), Kaplan (Martin Crewes), J.D (Pasquale Aleardi), Rain (Michelle Rodriguez), dan beberapa anggota lain yang tidak memiliki nama sehingga sudah bisa dipastikan mereka akan mati :P. Ngomong – ngomong bukankah sepertinya Michelle Rodriguez selalu memerankan wanita yang kuat dan garang.

Senyuman maut
Setelah mereka masuk ke dalam lift dan menjalankan sebuah kereta, mereka bertemu dengan Spence (James Purefoy) yang juga terkena Amnesia.Sebelum mereka melanjutkan perjalanan, Alice meminta penjelasan kepada One tentang dirinya dan semua hal yang sedang terjadi. Ternyata Para tentara itu adalah pegawai Umbrella yang sedang dalam misi untuk memasuki the hive, sebuah lab raksasa yang berada di bawah kota Raccoon. mereka ingin masuk ke hive adalah untuk mencari tahu kenapa si komputer yang mereka beri nama Red Queen, membunuh semua pegawai di dalam lab. Alice dan Spence juga adalah pegawai dari Umbrella yang bertugas menjaga pintu masuk ke lab, yaitu rumah besar tempat Alice terbangun. Lalu kenapa Alice dan Spence terkena amnesia adalah pengaruh dari gas saraf yang telah dilepaskan oleh Red Queen.

Sekarang kita bisa melihat apa yang terjadi di dalam lab, setelah Red queen membunuh semua orang. Saya hanya sedikit bingung, kenapa air di dalam lab tersebut menjadi warna kuning? Jadi seperti air sungai di Indonesia....

Mak..ada yang ngambang - ngambang...
Anyways mereka mencapai sebuah ruangan yang diberi label ruang makan pada peta, tetapi ternyata merupakan sebuah tempat penyimpanan. Lalu mereka memutuskan Rain dan JD akan tetap di ruangan tersebut dan menjaga Matt, sedangkan sisanya pergi ke ruangan Red Queen.
Setibanya mereka di ruangan Red Queen , Kaplan mencoba untuk menghack pintu masuk menuju server Red Queen , tetapi gagal sehingga tentara tanpa nomor 1 dan 2, juga medis tak bernama terbunuh, sesuai prediksi saya :) oleh sinar laser. One dengan gesitnya menghindari sinar tersebut, tapi akhirnya pola laser berubah sehingga membentuk jaringan yang tidak bisa dihindari lagi. Sehingga One hanya bisa berkata “Oh, shit...”


Akhirnya Kaplan berhasil mematikan sistem pertahanan dan memasuki ruangan Red Queen. Sebelum mereka mematikan Red Queen, Ia pun muncul sebagai hologram yang memperingatkan agar tidak mematikan dirinya. Tetapi Kaplan mengabaikannya dan mematikan Red Queen, yang menurut saya merupakan kesalahan besar karena munculah para Zombie yang tadinya terkurung, bahkan salah satu dari Zombie tersebut mengigit Rain.

Lalu bagaimanakah nasib mereka? Apakah Alice akan mendapatkan ingatannya kembali ? Apakah mereka berhasil keluar dari the hive?

Resident Evil ini adalah adalah yang paling saya sukai dari semua seri ini, karena dari semua film RE film inilah yang masih memiliki unsur horror yang lebih kental. Dimana tiap adegan dari awal membangun suasana menyeramkan, belum lagi didukung oleh musik yang benar – benar mendukung, baik pada saat yang menegangkan maupun saat adegan action. Salah satu adegan yang saya sukai adalah saat mereka akan mematikan Red Queen, dan dia mengatakan "You're all going to die down here" dengan suara anak kecilnya membuat saya merinding. Kenapa membuat merinding? Karena anak kecil memang menyeramkan :P Dibawah ini adalah adegan lain yang sangat saya sukai.

"Tendangaaaannn Mauuuutttt...."
Salah satu hal yang menjadi masalah dari film ini adalah aktingnya yang buruk, ya mungkin tidak seburuk akting di dalam film sinetron tapi setidaknya cukup kentara. Belum lagi dialog – dialog yang hanya berguna untuk memberikan penjelasan, tapi adanya ungkapan emosi. Karena tidak adanya perkembangan karakter kita tidak merasakan kedekatan kepada karakter, sehingga ketika akhirmya mereka terbunuh kita tidak merasakan apa – apa. Akting Milla sebagai pemeran utama pun, kurang bagus jika kita perhatikan wajahnya dia seperti hanya mempunyai dua ekspresi saja.

Alice sedang bingung, atau takut, atau marah......
Tapi itu bukan masalah, because she's freaking hot :P

Oke pada paragraf awal saya memberikan pertanyaan (Yang kemungkinan ditujukan pada diri sendiri), Apa kesan yang saya dapat setelah melihat film ini tanpa sensor? Sejujurnya saya bahkan lupa untuk memperhatikan bagian mana yang kemungkinan besar disensor Karena saya tidak melihat hal yang patut untuk di sensor... Ya mungkin adegan di lorong menuju ruangan Red Queen.

Anyways itulah pendapat saya tentang film ini, apakah anda mempunyai pendapat lain? Silahkan tinggalkan komentar anda di bawah.