Saturday, July 21, 2012

Piranha 3DD (2012) : Ikan - ikan pemangsa yang tidak menakutkan

" Double D's get in for free!"



Beberapa tahun yang lalu saya sempat melihat sebuah film, yang di tayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Saya lupa judul dari film tersebut, tapi saya ingat film itu menceritakan tentang piranha – piranha yang terkena radiasi dan mulai menjadi sangat ganas lalu menyerang mahluk lain secara membabi buta. Ok, saya akui mungkin jalan ceritanya biasa – biasa saja, tetapi ada satu hal yang membedakan film ini dengan film yang lain. Apakah itu? Yang membedakan film ini dari film yang lain adalah si piranhanya itu sendiri. Jadi si piranha – piranha itu setiap menyerang akan mengeluarkan suara wiwiwiwiwi (jika anda pernah punya marmut, anda akan familiar dengan suara ini), dan setiap kali saya menyaksikan hal tersebut saya selalu tertawa, walaupun penuh dengan adegan berdarah (Ini saat televisi swasta belum mensensor segalanya yang bagus).


Anyways saya baru saja mendapatkan sebuah DVD dengan judul Piranha 3DD. Apabila kita perhatikan judulnya maka dapat kita ketahui bahwa film ini dalam 3D, sayangnya TV saya hanya TV biasa jadi saya tidak bisa memastikan apakah benar – benar 3D atau tidak. Hal kedua yang bisa kita ketahui adalah banyaknya adegan topless yang akan ada di film ini (Hint: lihat DD), untuk poin kedua ini saya bisa jamin.

Piranha 3DD dimulai dengan 2 orang peternak bernama Clayton dan Mo yang sedang mencari mayat sapi mereka di rawa, dapat ditebak beberapa saat kemudian mereka diserang oleh para piranha (sayangnya tanpa wiwiwiwi) yang baru saja menetas dari dalam mayat sang sapi. Dan dalam salah satu adegan yang paling keren yang pernah saya lihat, Clayton (Gary Busey) mengigit salah satu kepala piranha yang menyerangnya lalu menyemburkannya ke arah layar. Sayangnya Clayton dan Mo tewas.
"Kesempatan untuk efek 3D!!!"

Kita pindah ke plot berikutnya. Maddy (Danielle Panabaker) yang baru kembali untuk liburan, merasa tidak senang dengan keputusan ayah tirinya Chet. Chet mengubah waterpark yang mereka miliki bersama, dengan menambahkan kolam khusus untuk dewasa (seperti film ini) dan juga stripper sebagai penjaga keselamatan. Walaupun Maddy memprotes keras keputusan Chet, tetapi dia tidak dapat berbuat apa – apa karena Chet mempunyai saham kepemilikan 51% sehingga memiliki hak veto.
Calon mangsa para piranha

Pada malam harinya, kawan – kawan Maddy yaitu Ashley dan Travis tewas dibunuh oleh para piranha. Setelah Maddy dan Shelby diserang oleh para piranha dan hampir tewas, mereka berkonsultasi dengam seorang ilmuwan yang bernama Goodman. Ia mengatakan bahwa piranha – piranha ini mampu menembus filter besi; filter besi seperti di waterpark!! Ruhroh. Apakah yang akan terjadi di waterpark? Apakah para piranha akan menyerang para pengunjung? Apakah anda merasa terganggu dengan pertanyaan – pertanyaan ini? Apakah saya peduli?

Piranha 3DD merupakan film horror yang tidak begitu serius dan lebih cenderung ke komedi, walaupun banyak darah yang ditampilkan tapi tidak terlalu ekplisit. Walaupun saya sebut film ini lebih cenderung ke komedi, jangan harap untuk banyak tertawa. Banyak sekali joke – joke yang ditawarkan, tetapi sayangnya joke – joke itu terasa agak hambar.
apakah ini adegan bercinta?

Jalan cerita dari film ini cenderung monoton dan membosankan, satu – satunya yang menarik bagi saya adalah adegan awal dengan Gary Busey yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Bahkan ketika para piranha mulai menyerang, saya tidak merasakan apa – apa kecuali rasa bosan.
Piranha yang sudah belajar berjalan...

Jadi kesimpulannya adalah jika anda ingin menonton film yang menakutkan, Piranha 3DD bukan film yang tepat. Jika anda ingin melihat film yang lucu, ini juga bukan film yang tepat. Jika anda ingin melihat gadis – gadis yang topless, ini mungkin film yang tepat. Tetapi buat apa melihat film yang tidak bagus hanya untuk melihat adegan topless?


Apa pendapat kalian tentang film ini? Silahkan beri komentar.