Tuesday, April 9, 2013

20 hal yang perlu kita perhatikan di saat dalam film horror


Biasanya saat kita menonton film horror, kita terkadang merasa sebal terhadap kelakuan bodoh dari para pemain di film tersebut. Seperti jika ada seseorang di dalam rumah yang tiba – tiba menyerang, alih – alih lari keluar dari rumah mereka malah lari ke lantai 2. Berikut akan saya beri tahu 20 hal yang jangan anda lakukan jika di dalam sebuah film horror. Tentu saja ada beberapa pengecualian dari hal – hal berikut, tetapi tetap saja bisa di aplikasikan di kebanyakan film horror.

Ok sebelum kita mulai, saya hanya ingin memberitahukan bahwa ini biasanya berlaku untuk film horror barat. Walaupun ada beberapa yang bisa di aplikasikan pada film horror Jepang maupun Korea. Sedangkan untuk film horror indonesia, saya tidak begitu mengikuti. Karena jujur saja, film horror indonesia bagi saya kurang menarik.

1. Jangan Melakukan Hubungan Badan (Sex)
Jika kita perhatikan pada film – film Horror biasanya yang pertama mati adalah orang yang baik berkelakuan tak senonoh atau melakukan hubungan badan. Kenapa begitu? Mungkin ini adalah suatu pesan moral bagi para remaja untuk tidak melakukan hubungan badan.

2. Jangan pergi dengan orang yang baru dikenal
Kita baru bertemunya dengan seseorang hari ini, dia mungkin tampak baik, tampan/cantik, keren, atau memiliki sejumlah narkoba yang ingin kita coba (Ingat ya anak – anak hindari narkoba). Waspadalah karena kemungkinan dia akan membunuh anda atau membawa anda untuk keluarganya yang kanibal.

Kasus yang mungkin mirip dengan hal ini di Indonesia adalah kasus penculikan/perkosaan melalui perkenalan di facebook. Ingat waspadalah dengan orang yang baru kita kenal, atau yang hanya kita kenal melalui internet. Internet merupakan tempat yang berbahaya teman – teman.

3. Jangan mabuk – mabukan atau mengunakan obat – obatan yang mempengaruhi pikiran anda
Jika kita dalam sebuah film horror kita  harus selalu siaga dan siap untuk semua keadaan. Apabila tiba – tiba sang pembunuh muncul dan kita tidak sadar, wah silahkan ucapkan selamat tinggal. Begitu pula jika dia mengejar anda, sudah cukup sulit untuk berlari menghindari sang pembunuh dengan pikiran yang tidak terpengaruhi efek alkohol/obat – obatan.

4. Jangan pergi berkemah terutama jika pernah terjadi pembunuhan di situ
Ini juga bisa berlaku jika ada teman yang mengajak untuk pergi ke kabin/vila yang terpencil. Atau juga jika kita kemalaman dalam  perjalanan, jangan menginap di sebuah tempat yang terisolir.

5. Selalu gunakan sepatu yang sesuai, siapa tahu kita harus lari melalui hutan
Hanya gunakan high heel jika anda benar – benar harus memakainya. Cukup sulit untuk berlari dengan high heel, apalagi berlari dengan high heel di dalam hutan. Tapi disisi lain high heel bisa digunakan sebagai senjata, apalagi jika diarahkan ke arah mata.

6. Jika sebuah kota tampak tak berpenghuni, kemungkinan besar semua orang disana telah tewas
Bayangkan kita sedang melakukan perjalanan, lalu menemukan sebuah kota. Tetapi kemana pun mata memandang tidak orang di mana – mana. Apa yang anda lakukan? Apa kita akan mencari seseorang? Apa kita berteriak – teriak? . Jawabannya adalah tidak. Yang harus anda lakukan adalah segera pergi dari kota itu. Jangan menginap (lihat aturan nomor 3, jangan mencari orang, tapi anda langsung pergi dan cari kota yang ramai dan penuh orang.

7. Jika mobil anda mogok jangan minta tolong seseorang yang tampak mencurigakan
Mungkin anda pernah mendengar pepatah “Don’t judge a book by it’s cover”. Tapi untuk film horror biasanya jika seseorang tampak mencurigakan, maka kemungkinan besar dia adalah orang jahat atau seseorang yang berkerja sama dengan orang jahat.

8. Selalu cek bagian belakang/penumpang mobil sebelum memasuki kendaraan
Hal ini seharusnya lebih sering dilakukan oleh orang – orang. Tidak terhitung jumlah jiwa yang terselamatkan di film horror jika saja mereka cek bagian belakang/penumpang mobil mereka. Mungkin hal ini bisa kita lakukan di kehidupan yang sebenarnya juga, siapa tahu ada pembunuh sadis sedang menunggu di  kursi belakang mobil anda.

9. Jika anda di kejar pembunuh/pelaku temukan tempat bersembunyi dan diam disana
Saat anda menemukan tempat bersembunyi yang sepertinya bagus, jangan bergerak dan jangan bersuara. Jangan keluar dari sana walaupun jika sepertinya keadaan tampak aman. Tetap di sana.

10. Jika anda akan membeli rumah baru dan sang penjual tampak ragu untuk menceritakan sesuatu yang tejadi dengan penghuni sebelumnya. Jangan pindah kesana.
Menurut hukum film horror, jika suatu hal yang buruk (pembunuhan biasanya) terjadi pada suatu tempat maka akan timbul aura kasih negatif di tempat itu. Dan biasanya dari aura tersebut muncul hal – hal mengerikan.

11. Jangan pergi ke basemen atau loteng rumah anda
Biasanya tempat ini merupakan tempat populer untuk terjadinya sesuatu yang buruk, entah itu hantu atau monster.

12. Jika seorang anak kecil muncul dari dalam televisi anda, matikan dan segera lari
Pada suatu malam mungkin anda sedang asyik bersantai, makan popcorn dan minum soft drink, dan juga menonton sebuah video. Ternyata video tersebut adalah video yang dikutuk, dan seorang gadis mulai keluar dari TV anda. Apa yang anda lakukan? Jangan hanya terdiam dan menatap, dan yang pasti jangan mengira itu adalah sebuah efek 3D. Segera matikan TV dan kabur!!.

13. Jangan mandi (apalagi dengan shower)
Mandi merupakan salah satu kegiatan yang paling berbahaya dalam film, baik horror maupun film yang lain. Adegan seseorang yang terbunuh saat mereka sedang mandi cukup banyak. Tetapi jika anda memang harus mandi, pastikan mandi sebelum tengah malam dan pintu dapat terkunci dengan rapat. Selain itu dengarkan suara soundtrack jika terdengar seperti musik piano (atau alat musik lainnya) yang menyeramkan, mungkin anda harus urungkan niat anda.

14. Jangan penasaran
Anda mendengar suatu legenda urban yang menarik perhatian anda, dan memutuskan untuk menyelidikinya. Ternyata legenda tersebut menjadi kenyataan dan anda pun mati, dikutuk, atau dikejar – kejar monster/penjahat. Skenario di atas bisa dengan mudah dihindari jika saja anda tidak terlalu ingin tahu.

15. Jika ada telepon dan datangnya dari dalam rumah segera keluar
Jika menurut operator/polisi, telepon yang sedang menganggu anda datang dari dalam rumah. Satu cara yang sangat efektif adalah segera lari keluar. Ya logikanya sih kalau dia di dalam dan anda di luar, pastinya anda akan lebih aman.

16. Jangan coba untuk jadi pahlawan
Mungkin pasangan anda di sekap oleh penjahat, atau seorang kawan di sandera. Kecuali anda benar – benar yakin, atau anda memang pemeran utama, pilihan yang paling baik adalah lari dan cari pertolongan. Mungkin terlihat seperti tindakan pengecut, tapi anda adalah pengecut yang tetap hidup.

17. Jika anda mendengar suara aneh atau anjing anda tiba –tia terdiam jangan di periksa
Suara merupakan salah satu faktor penting yang amat perlu diperhatikan di dalam film horror. Biasanya suara dapat menandakan berbagai hal yang akan atau yang sedang terjadi. Jadi jika ada suara – suara aneh, abaikan saja.

18. Jika ada seseorang yang memakai topeng, jangan anggap itu ada telah teman anda yang sedang bercanda
Apabila ada seorang pembunuh bertopeng merajalela di lingkungan anda, dan jika anda kebetulan melihat seseorang dengan topeng tersebut. Segera larikan diri, jangan peduli jika ternyata memang benar itu adalah teman anda yang memakai topeng itu untuk bercanda. Bisa jadi teman anda memang seorang pembunuh.

19. Jika memang harus pergi berlibur ke suatu tempat, cari info selengkapnya tentang tempat yang akan anda kunjungi
Tanya teman anda, kunjungi website yang menyediakan informasi tentang tempat yang anda tuju. Pokoknya dapatkan info sebanyak – banyaknya. Jika ada di daerah tersebut sering ada orang yang hilang, hindari tempat itu.

20. Selalu siapkan alat komunikasi yang dapat diandalkan
Entah berapa kali di dalam film horror, dimana ada situasi genting yang bisa ditangani jika saja para pemain bisa menghubungi pihak yang berwajib. Jadi sediakan alat komunikasi yang sesuai dengan daerah yang akan anda tuju. Jika kira – kira daerah tersebut sulit untuk mendapatkan sinyal handphone, bawalah HT.

Kira – kira sekian dulu hal – hal yang perlu diperhatikan jika anda di dalam film horror. Jika ada poin – poin lain yang sepertinya bisa ditambahkan silahkan berikan komentar anda. Tetap sehat dan selamat.