Sunday, April 6, 2014

Apakah Film Horror Membuatmu menjadi Psycho?

I'm baccccckkkkkk........... (krik krik krik... suara jangkrik)

Oh baiklah, saya bahkan yakin tidak ada yang perduli bahwa saya pernah pergi, walaupun begitu setelah beberapa bulan menghilang (Hey saya orang sibuk tau!!), saya memutuskan untuk kembali. Hari ini saya tidak akan menulis review tentang sebuah film maupun game, tetapi dampak film horror terhadap perilaku manusia....wuih berat tuh topiknya. Malahan mungkin bisa dijadikan tugas akhir bagi yang kuliah jurusan psikologi :p



Hal apakah yang telah menginspirasi saya untuk menulis tentang hal ini? Begini ceritanya. Saya sedangkan membaca posting lama di salah satu blog favorit saya yaitu Final Girl. Di post tersebut Stacie (Sang pemilik blog) mengatakan bahwa jika ada sebuah remake buat film Halloween, maka dia akan mengamuk dan memanjat empire state building seperti King Kong dan menembakan kembang api dari tangannya yang terkepal (Dia agak aneh, that's why I love her XD). Anyways saya berpikir bahwa dia pasti kaget karena memang ada remake dari film tersebut oleh Rob Zombie pada tahun 2007, walaupun pada akhirnya dia mengetahui memang ada remake. Lalu saya iseng – iseng search di google, dan muncul sebuah link yang mengatakan bahwa seorang pemuda membunuh adik perempuan dan ibunya setelah menonton film Haloween yang di remake!!!!!!

Saya kaget dan tentunya segera klik link tersebut. Ternyata si pemuda tersebut memang telah melakukan pembunuhan setelah melihat Michael Myers muda (Tokoh di dalam film Haloween) “membunuh dengan begitu mudahnya dan tanpa rasa bersalah”. Wow. Saya pun penasaran dan mencari melalui mbah google tentang pembunuhan - pembunuhan yang dilakukan karena terinspirasi dari film horror, dan ternyata memang ada beberapa. Contohnya pembunuhan Gina castillo yang dilakukan oleh anaknya serta keponakannya, karena mereka berdua terinspirasi dari film Scream. Mereka membunuh Gina untuk mendapatkan uang yang akan digunakan untuk membeli topeng ghost face dan pengubah suara, dimana kedua benda tersebut akan digunakan untuk melakukan reka ulang dari cerita di film Scream. OMG.

Kyaaaaaaa !!!!
Jadi, apakah benar dengan menonton film horror, yang memang sebagian besar penuh dengan adegan sadis akan mengubah seseorang menjadi pembunuh berdarah dingin? Jika benar bagaimana dengan nasib saya yang telah menonton puluhan film horror? Apakah kelak saya akan membunuh seseorang?

Setelah saya membaca dengan lebih teliti ternyata dalam kasus pertama si pemuda memang bermasalah dengan keluarganya. Pada hari itu ia memang bertengkar dengan adiknya, karena adiknya mengatakan sesuatu yang rasis (Remember guys racism is wrong) dan ia merasa bahwa keluarganya berubah menjadi orang – orang yang ia benci. Ia menulis dalam pengakuannya “ Para rasis, bully, dan yang merasa berbangga diri adalah yang sebenarnya jahat. Dan yang membuatku tercengang adalah ketiga sifat ini sangat umum sekarang. Aku sangat sedih karena aku merasa bahwa keluargaku berubah menjadi orang – orang yang aku benci”.

Dalam kasus yang kedua, ternyata si keponakan memang anak yang bermasalah dan sering menggunakan narkoba (Drugs are bad mmkayy), sang ibu (si korban) seringkali mencoba memisahkan anaknya dengan keponakannya karena takut anaknya terkena pengaruh buruk.

Jadi menurut saya, memang benar mereka telah terpengaruh oleh film horror, akan tetapi ada faktor – faktor lain yang turut mempengaruhi tindakan yang mereka lakukan. Seperti lingkungan yang buruk, pengunaan obat - obatan, penyakit mental, dan lain - lain. Satu hal yang pasti, selalu pastikan film apa yang ditonton oleh anak – anak karena pikiran mereka masih mudah dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat.

Bagaimana menurut anda? Apakah film horror memberikan dampak negatif? Atau hanya karena kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tua lah yang menyebabkan terjadinya hal – hal yang tragis di atas? Silahkan berikan komentar anda.

Artikel terkait silahkan di klik jika anda tertarik :
Jake Evans membunuh adik dan ibunya setelah melihat Halloween
http://tinyurl.com/bbh9xz9
Anak dan keponakan yang terinspirasi oleh Scream
http://tinyurl.com/nun2932
Hmmmm saya tidak bisa menemukan post dari Final Girl yang saya sebutkan di atas. Jika anda tertarik untuk mencarinya sendiri, anda bisa langsung ke Final Girl