Sunday, June 15, 2014

Game: Resident Evil


Setelah membahas dua film Resident Evil, rasanya kurang afdol jika saya tidak turut membahas seri game yang mengilhami film – film tersebut. Jadi ayo kita bahas game pertama dari Seri Resident evil yang terkenal tersebut.

Tetapi sebelumnya mari kita bahas asal mula dari seri Resident Evil ini. Seri Resident Evil merupakan hasil produksi Capcom yang diciptakan oleh Shinji Mikami.Di jepang game ini diberi judul Biohazard tapi karena untuk daerah Amerika sudah ada game Dos yang berjudul sama, belum lagi ada band dari New York yang juga mempunyai nama sama. Sehingga akhirnya Capcom Amerika mengadakan kontes kecil – kecilan (hanya dalam perusahaan) untuk mencari nama lain untuk game tersebut. Tercetuslah nama Resident Evil (Penghuni Jahat) yang jika diartikan akan sesuai dengan setting game pertama yang berlangsung di dalam sebuah rumah mewah.Baiklah mari kit mulai dan bahas gamenya.

Pada 24 July 1998, Alpha team sedang menyelidiki hilangnya Bravo Team. Telah terjadi beberapa pembunuhan yang mengerikan di daerah kota Raccoon, dimana sang korban tampak diserang oleh satu grup orang dan juga ada tanda – tanda kanibalisme. Maka aparat keamanan setempat menugaskan tim Bravo dari satuan S.T.A.R.S untuk menyelidiki hal tersebut. Tidak beberapa lama tim Bravo pun menghilang, sehingga Tim Alpha pun bertugas untuk meneruskan penyelidikan pembunuhan dan juga untuk mencari sebab menghilangnya tim Bravo.

Di sebuah hutan di pinggiran kota Raccoon, tim Alpha yang sedang menaiki helikopter melihat helikopter milik tim Bravo yang terbakar dan mereka memutuskan untuk mendarat (Ide yang buruk....). Seluruh tim kecuali Brad Vickers sang pilot, pergi untuk menyelidiki helikopter tersebut. Tak berapa lama mereka menemukan tangan yang terputus yang masih memegang pistol, dan tiba – tiba mereka diserang oleh sekelompok Anjing (varietas zombie pastinya). Joseph Frost disergap dan dimakan hidup – hidup, sedangkan Brad membawa lari helikopter dan meninggalkan anggota tim lainnya. Chris Redfield melihat sebuah rumah besar dan memberikan perintah agar memasuki rumah tersebut, agar bisa lolos dari kejaran anjing – anjing tadi.
Aaaarrghhhh!!!!!!
Kini hanya tersisa 4 orang dari tim Alpha, yaitu Chris Redfield, Jill Valentine, Barry Burton, dan Albert Wesker. Dan ternyata rumah yang mereka masuki tidaklah kosong, tapi penuh dengan Zombies dan mahluk – mahluk lainnya.

Bagaimanakah nasib mereka? Apakah mereka akan bisa lolos? Apa yang sebenarnya terjadi? Mainkan game ini untuk mengetahui kisah selanjutnya......Atau setidaknya search di google :P.

Jagoan kita Chris dan Jill..
Di game ini kita bisa memilih untuk memainkan Chris Redfield atau Jill Valentine. Dimana nanti akan ada beberapa perbedaan dari jalan cerita dan juga cara mereka melewati sebuah rintangan. Chris memiliki pertahanan yang lebih tinggi dari pada Jill, tapi ia memulai game dengan hanya sebuah pisau. Sedangkan Jill memiliki pistol dan tempat penyimpanan barang yang lebih besar daripada Chris. Selain itu Jill juga memiliki Lockpick yang dapat digunakan melewati beberapa Teka – teki, dimana Chris harus mencari solusi untuk teka – teki tersebut. Hmmmm mungkin bisa kita simpulkan bahwa Jill adalah normal mode sedangkan Chris adalah hard mode.

Pelukan mesra...
Didalam game ini pemain akan menghadapi para Zombie tentunya, tapi juga ada binatang – binatang yang telah terinfeksi T-virus seperti anjing dan serangga – serangga. Pemain mempunyai beberapa senjata yang dapat digunakan untuk melawan mereka, seperti Pisau, pistol, shotgun, dll. Pemain juga bisa mengunakan herb (ramuan) dan First aid sprays jika mereka terluka.

Grafis pada game ini mungkin terlihat jadul bagi para pemain game jaman sekarang, tapi pada saat itu Resident Evil grafisnya sudah lumayan. Video pembukanya menggunakan actor asli dengan akting yang sangat buruk, saking buruknya malah menjadi lucu. Belum lagi voice akting di dalam gamenya, buruk sekali, tetapi mungkin itu yang menjadi salah satu daya tariknya.

Game ini dirilis pada Playstation, Sega Saturn, dan juga pada PC. Versi yang lebih update dari Resident Evil di rilis pada tahun 1997. dimana terdapta angle kamera yang berbeda, posisi musuh dan item yang berbeda, dan menambahkan kostum baru untuk Chris dan Jill. Versi ini disebut Resident Evil Director's Cut. Ada juga versi Dual shock yang hanya menambhakan fungsi getar pada versi Director's Cut.

Selain itu ada juga versi Remake yang dirilis pada Gamecube di tahun 2002, dimana sisi Graphis telah mengalami peningkatan dan juga memiliki fitur – fitur lain seperti Gameplay, lingkungan dan detil cerita yang berbeda. Shinji Mikami pun berkata bahwa game ini 70% berbeda dari yang aslinya.

Ada juga versi remake untuk Nintendo DS yang disebut Resident Evil DS (Deadly Silence). Dimana mode Classic yang persis sama dengan versi Playstation, dan ada juga versi Rebirth yang menggunakan kemampuan touch screen pada DS untuk memberikan elemen baru pada permainan, dan juga tambahan musuh baru dan puzzle yang baru. Jujur saja, yang saya punyai adalah versi ini :P