Sunday, June 8, 2014

Resident Evil : Apocalypse (2004) : Beraksi kembali membunuh para Zombie

S.T.A.R.S !!!!!


Resident Evil : Apocalypse ini adalah film kedua dari seri Resident Evil, dan sudah sering di tayangkan di televisi. Jadi sudah pasti banyak dari kalian yang sudah mengetahui jalan cerita dari film ini. mari bergabung dengan saya dan kita susuri kembali jalan kenangan film ini.

Raccoon city mulai dijangkit virus yang berasal dari lab bawah tanah Umbrella yang pertama kita lihat pada film Resident Evil yang sebelumnya. Umbrela pun mulai menjemput anggota – anggotanya yang penting di dalam kota Raccoon, terutama Dr. Charles Ashford si pencipta T-Virus. Anaknya sang dokter yaitu Angela Ashford pun dijemput dari sekolah. Sayangnya mobil yang dinaiki Angela mengalami kecelakaan di tengah jalan.

Kita pun loncat ke 13 jam kemudian dan sekarang kita menyaksikan Jill Valentine (Sienna Guillory), seorang polisi STARS yang sedang diskor (kita tahu dia diskors dari artikel koran di kamarnya). Dia pun berangkat ke kantor polisi tempat ia bekerja setelah mendengar panggilan minta tolong dari radio. Disana dia pun mulai menembaki orang yang telah terinfeksi, saya hanya bingung darimana dia tahu bahwa satu – satunya cara adalah menembak mereka di kepala.

Selanjutnya kita menyaksikan Alice (Milla Jovovich) terbangun di dalam sebuah lab....Kenapa Alice selalu terbangun dalam keadaan telanjang?.... Oh well dia pun terbangun dan menyaksikan kota Raccoon yang dalam keadaan porak poranda. Dia pun segera mengambil sebuah Shotgun dari dalam mobil polisi.

Zombies!!!
Sementara itu Umbrella mencoba menahan penduduk kota Raccooon yang diduga terkena T-virus. Disini Peyton ; mantan mitra Jill, digigit oleh sesorang yang terinfeksi. Pada saat yang sama tapi di lain tempat Carlos Olivera (Oded Fehr) bersama rekan – rekannya anggota tentara bayaran untuk Umbrella, mencoba menolong seorang wanita yang dikejar para Zombie. Sayangnya wanita tersebut telah terkena gigitan sang zombie, sehingga ia memutuskan untuk bunuh diri.

Jill, Peyton, dan Terri Morales seorang reporter memutuskan untuk berlindung didalam sebuah gereja, tapi ternyata di dalam gereja tersebut terdapat para Licker yang menyerang mereka. Mereka disebut dengan licker karena.....ya betul giginya panjang (lidahnya lah :P) . Untungnya muncul Alice yang telah mengambil senjata dan baju di dalam sebuah toko senjata, Ia pun segera mengalahkan semua Licker di dalam gereja tersebut.

Tapi kalau diperhatikan giginya juga cukup panjang....
Umbrella memutuskan bahwa sekarang adalah saat yang tepat untuk menjalankan proyek terbaru mereka, yaitu project Nemesis... jreng – jreng!! Kita menyaksikan si Nemy(Panggilan sayang saya buat Nemesis :P) membunuh pasukan khusus yang disebut dengan S.T.A.R.S (Special Tactis and Rescue Service). Ngomong – ngomong Jill juga adalah anggota S.T.A.R.S.

Nemy sedang beraksi :)
Alice dan kawan – kawan memutuskan untuk meninggalkan Gereja, di perjalanan mereka mendapat telepon dari Dr.Ashford. Dia meminta agar Alice mencari Angela di sekolahnya, jika ia mau melakukannya maka Dr.Ashford akan memberitahu tempat dimana Alice dan kawan – kawan bisa mendapatkan Helicopter.

Lalu apakah Alice dan kawan – kawan bisa sampai di sekolah tersebut? Apakah Nemy akan membunuh mereka? Apakah Angela masih hidup? Apakah mereka akan berhasil melarikan diri dari Raccoon City?

Baiklah, di film Resident Evil : Apocalypse ini Milla Jovovich kembali memerankan Alice, dan sayangnya dia masih belum menunjukkan kemajuan dalam kemampuannya berakting. Tapi akhirnya saya sadari bahwa apa yang dicari dari film seperti Resident Evil ini adalah adegan action dan kejar – kejaran dengan Zombie dan bukannya kemampuan akting dari para pemain. Jadi apakah Resident Evil : Apocalypse mampu memberikan hal – hal tersebut? Yup, khususnya pada saat adegan Alice datang dan membunuh para Licker di Gereja. It's sooo Badass!!!
Yeahhhh!!!!
Satu hal yang saya sayangkan adalah sang karakter Jill Valentine, yang seperti dipaksakan disertakan dalam film ini. Ia tampil seperti seorang sidekick, dan hanya melakukan aksi sedikit sekali. Ia jauh kalah hebat dari Alice, sedangkan aslinya dalam game Resident Evil dia mempunyai kemampuan yang hebat. Tapi ini mungkin karena Alice mempunyai sedikit T-Virus didalam tubuhnya sehingga ia mempunyai kekuatan melebihi manusia biasa.

Kita bisa melihat perubahan arah dari film pertama yang fokus pada perasaan terjebak di dalam sebuah bangunan sementara di kejar – kejar oleh Zombie, sehingga menimbulkan perasaan claustrophobic (Phobia terhadahap ruangan kecil dan tertutup). Sedangkan pada film yang kedua lebih terasa kesan actionnya.

Kesimpulannya adalah Resident Evil : Apocalypse, merupakan film yang cukup bagus dan penuh adegan – adegan action yang memukau dan menegangkan. Tapi hanya sedikit mengandung unsur horror. Baiklah, terima kasih karena telah membaca dan berikanlah komentar anda tentang film ini.