Monday, April 23, 2012

Evil Dead II : Dead By Dawn (1987) : Di TV tidak seru!!


".....We just cut up our girlfriend with a chainsaw. Does that sound "fine"? "



Kemarin malam saya sedang melihat TV, gonta – ganti channel atau istilah kerennya channel surfing. Anyways ketika sedang bersurfing ria ada sebuah adegan yang menangkap mata saya, sebuah mobil sedang melintasi jalan dan tiba – tiba menyorot wajah Bruce Campbell. Otak saya pun berkerja dengan cepat, ada Bruce Campbell, ada sebuah kabin tua, gambar agak buram (Menandakan film lama). Apakah ini Evil Dead? Dan ternyata saudara – saudara itu adalah film Evil Dead II, saya bersorak kecil dalam hati, yes!!. Kenapa saya begitu semangat melihat film ini? Karena film ini saudara – saudara adalah sebuah film horror comedy yang sebenarnya, benar – benar lucu dan seram di saat bersamaan. Selain itu film ini sering disebut – sebut dalam komunitas horror, dan saya sebagai pencinta film horror wajib melihatnya.


Ash dan Linda pergi untuk berbulan madu tapi tersesat dan terpaksa bermalam di sebuah kabin di hutan, yang terlihat kosong. Di dalam kabin itu Ash menyalakan sebuah perekam yang berisi rekaman suara seorang professor, prof tersebut sedang membaca dari sebuah buku yang bernama Necronomicon Ex Mortis. Tiba – tiba sesosok arwah jahat menyerang laura dan membawanya ke hutan, Ash sebagai seorang suami yang baik mengejar Linda ke dalam hutan.

Ternyata Linda sudah kerasukan dan Ash terpaksa membunuhnya, setelah menguburnya Ash kembali ke kabin. Ash mengalami berbagai kejadian aneh didalam kabin, salah satunya adalah ketika tangan Ash tiba – tiba kerasukan, dan ia terpaksa memotong tangannya sendiri. Lucunya tangan Ash yang telah dipotong masih bergerak sendiri, dan mencoba membunuh Ash.

Sementara itu Annie anak sang professor bersama rekannya Ed Getley sedang menuju kabin, ditolong oleh Jake dan Bobby Joe. Mengira mereka adalah arwah jahat, Ash menembaki mereka melalui pintu. Setelah berhasil melumpuhkan Ash, mereka memasukkannya kedalam gudang bawah tanah. Melihat Gergaji mesin yang berlumuran darah, Annie mengira Ash telah membunuh kedua orang tuanya.

Setelah mendengarkan sisa rekaman dari Ayahnya, Annie menyadari bahwa Ash tidak bersalah. Tepat pada saat itu mayat ibu Annie yang dikubur oleh sang prof di gudang bawah tanah bangkit, untung Ash berhasil ditolong pada saat yang tepat. Apakah yang akan terjadi kemudian? Apakah Ash dan rekan –rekannya berhasil keluar dari kabin?

Evil Dead II memiliki beberapa adegan yang benar – benar lucu, dia mengunakan slapstick humor yang dieksekusi dengan tepat. Belum lagi akting para aktor yang benar – benar lebay, bikin tambah ngakak. Walau bagaimana pun lucunya film ini tetap saja dia bergenre horror, jadi terdapat banyak adegan dimana darah muncrat dan mengalir dengan deras. Khususnya saat Jake ditarik ke dalam gudang bawah tanah (oops Spoiler alert!!).

Berhubung ini ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta kita, banyak adegan – adegan yang disensor, ini sangat mengurangi pengalaman menonton saya. Banyak adegan yang diulang – ulang, sehingga membuat saya bingung dan berteriak ”Apa yang sedang terjadi !!!”. Contohnya adalah ketika Ash kehilangan tangannya, adegan yang menjelaskan kenapa dia kehilangan tangannya dan saat dia memotong tanganya dihilangkan, sehingga bagi yang belum pernah melihat film ini sebelumya pastinya kebingungan. ”Loh, kok tangannya buntung?”. Dengan banyaknya adegan yang dipotong, saya yang menonton bukannya senang malah frustasi dan emosi yang tinggi, seperti bukan menonton film tapi melihat beberapa potongan adegan random yang disatukan. Ada satu perkataan teman saya yang terngiang saat saya menonton film ini di TV, yaitu ”Kalau mau banyak dipotong, buat apa ditayangin segala?” Dan itu saudara – saudara adalah kata – kata yang tepat untuk mendeskripsikan pikiran saya saat itu.

Berhubung ini ditayangkan di TV, dan saya tidak memiliki peralatan untuk mengambil screenshot untuk film Evil Dead II dari TV. Maka berikut adalah beberapa screenshot yang saya ambil dari interweb, enjoy.