Thursday, March 14, 2013

Clock Tower : Larilah dan bersembunyi

Clock Tower merupakan seri game survival horror yang pertama kali muncul pada konsol Super Famicom (Super Nintendo) pada tahun 1995. Selanjutnya seri Clock Tower telah berkembang dan dilepaskan pada berbagai konsol. Seri Clock Tower berbeda dengan survival horror seperti Resident Evil dan Silent Hilll, karena pada seri ini permainan tidak terfokus pada pertarungan. Yup, untuk selamat dalam Clock Tower kamu bisa bersembunyi pada tempat – tempat tertentu, dan jika kamu mendapatkan item atau tempat khusus kamu terkadang bisa membuat musuh pingsan/tak berdaya untuk sementara.

Seri Clock Tower terdiri dari empat game.Setting dari seri ini biasanya bersetting di daerah eropa, dengan seorang perempuan sebagai pahlawannya. Karena Clock Tower Ghost Head bersetting di jepang maka game ini di anggap spin off, dan tidak dalam seri utama. Selain keempat game tersebut, terdapat satu game lagi yang dianggap sebagai pewaris seri Clock Tower, yaitu sebuah game dengan judul Haunting Ground. Walaupun Haunting Ground memiliki beberapa perbedaan, tapi dasar permainan tetap mirip dengan seri Clock Tower. Berikut game – game yang dimaksud :

Clock Tower (1995)


Game ini menceritakan tentang Jennifer Simpson, seorang anak yatim piatu yang baru saja diadopsi oleh seorang pria kaya bernama Mr.Barrows. Selain Jennifer beberapa anak yatim piatu juga turut di adopsi. Nah Mr.Barrows tinggal di dalam sebuah rumah besar yang dinamakan Clock Tower (Hmm mungkin dari situ nama gamenya diambil). Disini Jennifer akan dikejar – kejar oleh Bobby Barrows Seorang anak dengan gunting raksasa, hingga ia disebut Scissorman.

Clock Tower 2 (1996) (Di Usa disebut dengan judul Clock Tower)


Diceritakan Jennifer telah diadopsi oleh seorang asisten psikiater yang bernama Helen Maxwell. Dan sedang menjalankan terapi atas kejadian yang menimpanya tahun lalu. Di game ini kita akan mengikuti Edward dalam memecahkan misteri munculnya kembali Scissorman.

Clock Tower Ghost Head (1998) (Clock Tower II : The Struggle Within)


Alyssa Hale adalah seorang anak gadis biasa, yang mendapatkan visi tentang membunuh orang setelah mendapatkan sebuah jimat  dari ayahnya.

Clock Tower 3 (2002)


Alyssa Hamilton tinggal di sebuah asrama, ia mendapatkan sebuah surat dari ibunya yang mengatakan agar tidak pulang hingga ulang tahunnya yang ke lima belas. Karena ia khawatir dengan ibunya maka Alyssa pun memutuskan untuk pulang. Dirumahnya ia bertemu dengan seorang pria yang memberikan ia sebuah petunjuk tentang keadaannya ibunya. Dimulailah petualangan Alyssa.

Demento (2005) (Haunting Ground)


Fiona Belli yang baru saja mengalami kecelakaan mobil terbangun di dalam sebuah kastil, disana ia akan banyak dikejar oleh orang – orang yang berusaha menyakitinya.

Sejujurnya saya kurang mahir dalam memainkan seri Clock Tower ini, sepertinya saya sering kali kepergok oleh musuh yang mengejar saya saat saya bersembunyi. Tapi mungkin disitu letak serunya seri ini, karena kita tidak bisa sekedar menembak dengan membabi buta, tetapi harus selalu berpikir beberapa langkah kedepan.
tuliskan komentar anda tentang seri ini.